Mahasiswa Prodi MKP STPNB Melaksanakan Penelitian Terkait Bali Sebagai Smart Tourism Destination

By : stpbali | 10 November 2016 | Hit : 1046

Salah satu elemen yang sangat penting dalam perkembangan sebuah destinasi pariwisata adalah adanya fasilitas dan kemudahan yang baik bagi wisatawan atau pengunjung untuk mendapatkan informasi yang lengkap tentang destinasi pariwisata yang akan dikunjunginya. Informasi tersebut meliputi kebutuhan – kebutuhan wisatawan mulai dari saat wisatawan di tempat asalnya, pada saat berada di destinasi pariwisata, hingga kembali ke tempat asalnya. Bagi sebuah destinasi pariwisata hal ini akan sangat berpengaruh kepada kesiapan destinasi pariwisata tersebut dalam memenuhi kebutuhan wisatawan terhadap informasi, komunikasi dan teknologi. Adanya persaingan dalam menyediakan informasi, komunikasi, dan teknologi ini juga akan berdampak kepada kemudahan yang akan dirasakan ketika wisatawan berada di destinasi pariwisata, dengan menambahkan unsur kecepatan dan kepraktisan dalam memasarkan dan mengembangkan destinasi pariwisata dapat menghubungkan seluruh sektor yang berkepentingan dalam industri pariwisata dalam bentuk informasi, komunikasi dan teknologi secara cerdas yang dapat diakses secara umum juga dilakukan (Smart Tourism).

Berbicara mengenai Smart Tourism  tentu tidak luput dari adanya teknologi di era digital seperti sekarang. Digital technology dapat mempermudah sebuah organisasi dalam mengakses informasi tanpa batas. Dengan teknologi yang diterapkan disemua organisasi dan institusi, sebuah destinasi dapat bersinergi (terintegrasi) dengan mengandalkan teknologi dan komponen sosial untuk melengkapi pengalaman wisatawan dalam berwisata. Dalam pengembangan sebuah destinasi pariwisata tentu sangat membutuhkan peran pemerintah sebagai regulator maupun sebagai fasilitator. Kedua peran tersebut saling bersinergi untuk mewujudkan perencanaan wilayah yang matang untuk selanjutnya dapat mengarahkan dan mengevaluasi program-program penyelenggaraan pembangunan yang lebih tepat sasaran dan merata di semua kawasan.

Melihat pentingnya peran pemerintah dan industri pariwisata dalam mewujudkan sebuah destinasi menjadi Smart Tourism Destination maka mahasiswa Program Studi Manajemen Kepariwisataan STP Nusa Dua Bali melakukan penelitian terhadap kesiapan Bali sebagai Smart Tourism Destination dalam menghadapi persaingan pelayanan dalam bentuk informasi, komunikasi, dan teknologi. Selain itu, mahasiswa STP Nusa Dua Bali semester 7 ini juga melakukan penelitian terhadap Persepsi Wisatawan terhadap Bali sebagai Smart Tourism Destination. Hasil penelitian mahasiswa ini kemudian akan dipublikasikan melalui acara Seminar Publikasi dan Pameran Hasil Penelitian yang akan diselenggarakan pada hari Kamis, 10 November 2016 di Gedung Widyatula STP Nusa Dua Bali.


By : stpbali | 10 November 2016 | Hit : 1046


Other News :


View More News Archives :

Call (0361) 773537
Follow Us

Visitor

TOTAL HIT : 6769722

Pengunjung hari ini : 1

Total pengunjung : 288

Hits hari ini : 1835

Total Hits : 6769722

Pengunjung Online: 1

Contact Info

Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali - Bali Tourism Institute
Jl. Darmawangsa, Kampial, Nusa Dua - 80363 Bali - Indonesia
Telp : +62 361 773537
Fax : +62 361 774821
Email : info@stpbali.ac.id
Copyright © 2017 Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali - Bali Tourism Institute - All Right Reserved.