Dosen STPNB Melakukan Pengabdian Masyarakat di Mandalika, Lombok Tengah

By : stpbali | 30 November 2016 | Hit : 557

Laporan Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Institusi Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali Di Kawasan Wisata Mandalika Kabupaten Lombok Tengah, Kamis, 24 Nopember 2016

Dengan mempertimbangkan aspek kebutuhan masyarakat dan kemampuan intelektual. Dalam mengemban amanah ”Tri Darma Perguruan Tinggi”, tugas pengabdian masyarakat merupakan tuntutan yang wajib dilaksanakan. Sebagian anggota Civitas Akademika Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali telah melakukan aktivitas pengabdian kepada masyarakat secara signifikan. Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali, melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Institusi pada tanggal 24 Nopember 2016, jumlah peserta pelatihan sebanyak 150 orang. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang mengambil tema ”Pelatihan Peningkatan Kualitas SDM Pengelolaan Pondok Wisata Di Kawasan Wisata Mandalika Kabupaten Lombok Tengah”. Acara Pelatihan diawali dengan laporan dari ketua pelaksana I Wayan Seniartha, SE.,MM.,CHT, yang dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta oleh Pembantu ketua IV STP Nusa Dua Bali dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah, didampingi oleh ketua pelaksana PKM Institusi. Sambutan diawali oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah bapak Haji Muhammad Lalu Putria, S.Pd., M.Pd. Sambutan kedua dilanjutkan oleh Pembantu ketua IV bidangi Kerjasama dan Sertifikasi STP Nusa Dua Bali I Gusti Ayu Dewi Hendriyani, A.Par., M.Par yang sekaligus membuka secara resmi acara Pelatihan.

Pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Institusi STP Nusa Dua Bali tahun 2016 dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dengan menghadirkan 3 narasumber memberikan berbagai penguatan dan pengalaman dalam Peningkatan Kualitas SDM Pengelolaan Pondok Wisata yaitu : (1) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah bapak Haji Muhammad Lalu Putria, S.Pd., M.Pd.. Materi yang disampaikan yaitu “Eksistensi Pariwisata di Kawasan Mandalika dengan penguatan sadar wisata”. (2) Iswayana Adhi Putra, SE. dengan materi “Pelayanan Pondok Wisata. (3) I Gede Darmawijaya, S.Pd. M.Agb dengan materi “Pelayanan Tata Graha” 

Metode yang digunakan dalam Pelatihan ini adalah dengan transfer ilmu melalui ceramah, Tanya jawab dan diskusi. Peserta yang diundang merupakan perwakilan dari 150 pengelola/karyawan Pondok Wisata, Di Kawasan Wisata Mandalika Lombok Tengah. Luaran yang diharapkan dari program ini adalah adanya kreativitas dari praktisi pariwisata di Kawasan Mandalika untuk meningkatkan pelayanan kepada wisatawan yang datang ke daerah tersebut. Melalui program pengabdian ini, masyarkat akan memiliki  pengetahuan dan ketrampilan dan pengalaman di bidang pariwisata dan pada akhirnya masyarakat tersebut diharapakn dapat bersaing di dalam dunia kerja sesuai dengan kompetensinya.

Menjelang berakhirnya kegiatan pelatihan, para peserta dibagikan Questionnaire dan tanggapan sangat antusias muncul dari peserta dengan menyampaikan berbagai pertanyaan dan diskusi yang terkait dengan materi yang disampaikan oleh masing-masing Narasumber., bahwa peserta pelatihan mengatakan kegiatan pengabdian masyarakat ini, sangat bermanfaat bagi peserta untuk lebih meningkatkan pelayanan yang diberikan kepada wisatawan. Serangkaian Pelatihan tersebut ditutup oleh Ketua Pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat Institusi STP Nusa Dua Bali bapak I Wayan Seniartha, SE.,MM.,CHT pada pkl. 16.00 Wita, kegiatan diakhiri dengan rehat kopi.


By : stpbali | 30 November 2016 | Hit : 557


Other News :


View More News Archives :

Call (0361) 773537
Follow Us

Visitor

TOTAL HIT : 6446153

Pengunjung hari ini : 1

Total pengunjung : 233

Hits hari ini : 231

Total Hits : 6446153

Pengunjung Online: 1

Contact Info

Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali - Bali Tourism Institute
Jl. Darmawangsa, Kampial, Nusa Dua - 80363 Bali - Indonesia
Telp : +62 361 773537
Fax : +62 361 774821
Email : info@stpbali.ac.id
Copyright © 2017 Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali - Bali Tourism Institute - All Right Reserved.