Prodi ADH STPNB Gelar Pengabdian Masyarakat di Desa Kutuh

By : stpbali | 08 Juni 2017 | Hit : 145

Sejumlah lembaga pendidikan yang berkembang di tanah air ini diwajibkan untuk melaksanakan program pendidikan tinggi Republik Indonesia, berupa Tri Darma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.  Civitas akademika Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali (STPNB), dalam kegiatan sehari-harinya tidak hanya berkutat memberikan  kuliah di ruang kelas saja, melainkan banyak di antaranya yang melakukan aktivitas di luar kampus termasuk pengabdian kepada masyarakat.

Para dosen dari Program Studi (PS) Administrasi Perhotelan (ADH),  STPNB, dalam mewujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi itu mengadakan pengabdian  kepada masyarakat di sejumlah kawasan wisata yang berkembang di tanah air. Sejumlah dosen dari PS.ADH lembaga pendidikan tinggi perhotelan dan kepariwisataan tersebut menggelar pengabdian kepada masyarakat,  salah satu di antaranya di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung,  ungkap Ketua PS. ADH, STPNB, Dewa Sujatha, di Kutuh, Rabu (7/6).

Ia menjelaskan tujuan pengabdian kepada masyarakat di kawasan wisata terkenal di Kabupaten Badung, Bali itu, adalah untuk memberikan gambaran umum mengenai pelayanan prima, Higiene dan Sanitasi Lingkungan bagi masyarakat sadar wisata Desa Kutuh. Peningkatan pemahaman masyarakat sadar wisata terhadap Higiene dan Sanitasi Lingkungan dibawakan oleh Sukana Sabudi disusul Pelayanan Prima dipresentasikan oleh Ni Luh Sulistyawati. tukasnya.   

Menurutnya terpilihnya Desa Kutuh sebagai tempat mengimplementasikan ilmu di perguruan tinggi kepada masyarakat karena daerah itu, memiliki potensi pariwisata dengan kekayaan alam berupa pantai yang sangat terkenal karena keindahan yakni Pantai Pandawa. Dari berbagai potensi ini Desa Kutuh terus berbenah dengan berbagai terobosan yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Badung, terbukti dengan berbagai penghargaan yang diraih. Selain itu Desa Kutuh sangat getol dalam memajukan pariwisata sebagai leading sektor atau pengerak utama perekonomian masyarakat di desa tersebut.

Sementara itu, Sekretaris Perbekel Desa Kutuh, I Nyoman Cameng, dalam sambutannya menjelaskan Desa Kutuh memiliki potensi wisata yang cukup banyak dan sudah terkenal di dunia salah satu di antaranya yakni Pantai Pandawa. Pantai yang diberi nama lima tokoh pewayangan tersebut akan ditata secara lebih apik sehingga mampu menarik jumlah kunjungan wisatawan terus meningkat. Penataan pantai yang lebih baik dibarengi dengan sumber daya manusia yang professional diyakni Pantai Pandawa akan menjadi lebih terkenal. 

Oleh karena itu, pihaknya berharap kepada instansi-instansi terkait, agar lebih banyak memberikan pengetahuan dan pelatihan kepada masyarakat terutama di kawasan wisata Desa Wisata Pantai Pandawa tentang pariwisata secara umum.    

Kegiatan dengan tema “Pelatihan Pelayanan Prima, Higiene dan Sanitasi Lingkungan di Destinasi Wisata Pantai Pandawa Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung”, tersebut dibuka oleh Ketua STPNB, Dewa Gede Ngurah Byomantara,  didampingi Dewa Sujatha. Acara pembukaan pengabdian kepada masyarakat PS. ADH tersebut diakhiri dengan penyematan tanda peserta oleh Nyoman Cameng dan Dewa Gede Ngurah Byomantara, ungkapnya.


By : stpbali | 08 Juni 2017 | Hit : 145


Other News :


View More News Archives :

Call (0361) 773537
Follow Us

Visitor

TOTAL HIT : 7240092

Pengunjung hari ini : 1

Total pengunjung : 322

Hits hari ini : 1098

Total Hits : 7240092

Pengunjung Online: 1

Contact Info

Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali - Bali Tourism Institute
Jl. Darmawangsa, Kampial, Nusa Dua - 80363 Bali - Indonesia
Telp : +62 361 773537
Fax : +62 361 774821
Email : info@stpbali.ac.id
Copyright © 2017 Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali - Bali Tourism Institute - All Right Reserved.