Aplikasi voice over atau text to speech baru baru ini menjadi aplikasi yang populer untuk digunakan. Mulai dari yang berbayar hingga yang gratisan, dimanfaatkan sebagai narator atau pengisi suara untuk berbagai kebutuhan. Aplikasi mobile seperti aplikasi Narrator’s Voice di Play Store juga tidak kalah menarik untuk dipakai. Berikut sedikit informasi mengenai aplikasinya.

Kelebihan Aplikasi Narrator’s Voice di Play Store

Aplikasi Narrator Voice Mendukung Os Android Dan Iphone
Aplikasi Narrator Voice Mendukung Os Android Dan Iphone

Sebagai sebuah aplikasi android, Narrator’s Voice memiliki beberapa kelebihan yang bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan untuk memakan. Berikut beberapa yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan. Lihat juga mengenai aplikasi text to speech serupa yaitu Hearling (http://brainengineering.dartmouth.edu/psyc40wiki/index.php/Hearling_Text_to_speech_premium) yang dikembangkan oleh tim sound of text official.

  1. Mudah Untuk Digunakan

Alasan pertama mengapa aplikasi ini direkomendasikan adalah karena aplikasi ini termasuk ke dalam aplikasi yang mudah untuk digunakan. Anda hanya perlu menginstalnya dari play store seperti aplikasi lain pada umumnya. Selanjutnya Anda hanya perlu mengetik teks yang hendak diubah dan sedikit melakukan pengaturan.

  1. Punya Dua Format Hasil

Sebagai hasil dari konversi nya Anda bisa memilih MP4 atau juga MP3. Mana yang Anda butuhkan bisa Anda sesuaikan. Karena tidak sedikit pula yang membutuhkan format MP4 sebagai bagian dari sebuah video.

  1. Gratis

Alasan berikutnya adalah aplikasi ini merupakan aplikasi gratisan yang bisa Anda gunakan tanpa ada pembatasan fitur. Hanya saja ada iklan yang harus Anda tonton selama menggunakan aplikasinya. Sedangkan bila Anda ingin menghilangkan iklannya Anda harus membeli lisensinya.

  1. Punya Koleksi bahasa yang beragam

Alasan penting lainnya adalah aplikasi ini memiliki banyak koleksi bahasa dan suara yang bisa Anda gunakan. Dan yang paling penting tentu saja adalah ada bahasa Indonesia yang Anda butuhkan. Tanpa adanya dukungan bahasa Indonesia hasil voice over yang dihasilkan tentu tidak akan alami karena pengucapannya yang berbeda.

  1. Input media

Selain merubah teks menjadi suara aplikasi ini juga memungkinkan untuk mengubah teks yang bersinar dadi file gambar dan juga file PDF. Ini tentu akan mempermudah pekerjaan mendapatkan teksnya tidak dalam bentuk file words yang bisa disalin. Meskipun ini fitur yang sederhana namun bisa saja sangat berguna selain fitur andalan lainnya tentu saja.

  1. Ukuran aplikasi kecil

Aplikasi Narrator’s Voice di Play Store ini cenderung sangat ringan untuk digunakan. Ukuran file nya hanya 17 MB dan Anda tidak membutuhkan banyak ruang pertimbangan untuk pemasangannya. Selain itu kebutuhan spesifikasi perangkat juga tidak begitu tinggi selama Anda terkoneksi ke jaringan internet. 

Kekurangan Aplikasi Narrator Voice

Itulah banyak kelebihan dari Aplikasi Narrator’s Voice di Play Store yang bisa Anda pertimbangan sebelum memasangnya di perangkat Anda. Namun masih ada beberapa kekurangan yang perlu Anda perhatikan. Berikut beberapa kekurangannya.

  1. Iklan terlalu sering muncul

Ini sudah menjadi hal yang wajar untuk sebuah aplikasi gratisan yakin Anda akan diganggu banyak iklan. Bahkan banyak pengguna yang menggelikan harus terganggu iklan setiap 10 detik sekali. Ini jelas akan mengganggu pekerjaan Anda. Sehingga Anda harus mempertimbangkan untuk membeli lisensinya 

  1. Gangguan Lain

Sayangnya meskipun Anda sudah melakukan pembayaran Anda masih akan terganggu permintaan untuk mengisi rating aplikasi yang juga muncul terlalu sering. Namun pihak pengembang aplikasi sudah melakukan perbaikan untuk hal ini.

  1. Terbatas untuk pengguna android saja

Hal ini mungkin menjadi kekurangan dari aplikasi ini karena aplikasi ini hanya terbatas digunakan untuk perangkat android saja Baik itu smartphone maupun tablet sedangkan untuk perangkat lain seperti laptop tidak bisa. Padahal sudah banyak Tool berbasis web yang penggunaannya lebih fleksibel di banyak perangkat sekalipun.

Lihat juga: Download APK Suara Google Official

Itulah beberapa kekurangan dari Aplikasi Narrator’s Voice di Play Store yang dianggap sebagai pertimbangan sebelum Anda memutuskan untuk memakai aplikasinya. Sedangkan untuk cara penggunaannya tidak jauh berbeda dari aplikasi TTS atau voice over lainnya. Berikut penjelasannya.

  1. Pertama Anda harus menginstal Aplikasi Narrator’s Voice di Play Store
  2. Buka aplikasinya kemudian masukkan teks yang akan dirubah.
  3. Pilih bahasa dan juga pengucapannya
  4. Lakukan sedikit pengaturan
  5. Dengarkan hasil reviewnya
  6. Jika sudah baik, pilih format file dan unduh

Semoga artikel mengenai Aplikasi Narrator’s Voice di Play Store dari STPBali.ac.id ini bisa bermanfaat untuk pertimbangan Anda. Selamat mencoba.

Author

Write A Comment